TEMPO.CO, Jakarta - Memenuhi kebutuhan perawatan kulit dan kecantikan sekaligus menyayangi bumi bisa digabungkan. Ada 3 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai para pencinta "skincare" agar tetap bisa tetap memenuhi kebutuhan perawatan kulit dan kecantikan tapi juga ikut menyayangi bumi dengan mengurangi limbah kemasan.
1. Cari ulasan sebelum membeli produk
Saat ini layanan daring atau online bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan oleh masyarakat dan justru sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Dengan memanfaatkan akses internet, para pencinta perawatan tubuh dan kecantikan bisa mencari ulasan produk hingga mengeksplorasi pengemasan dan penanganan limbah untuk produk- produk kecantikan.
Selain bisa memastikan produk aman digunakan dan cocok untuk jenis kulit anda, tentunya ulasan- ulasan tersebut dapat membantu anda untuk mengurangi pembelian produk yang tidak sesuai dan mengurangi jumlah sampah dari pengiriman produk daring. Pastikan juga mengecek ulasan bahwa produk yang akan anda beli sudah memiliki izin edar dari BPOM sehingga pastinya produk itu bermanfaat untuk kulit anda.
2. Beli produk sesuai kebutuhan dan bukan ikut- ikutan tren
Seringkali setiap ada perayaan hari- hari besar, seperti valentine atau hari belanja nasional tak sedikit penggemar skincare yang berpikiran "mindless consumerism" dengan iming- iming diskon. Perilaku konsumerisme yang mengikuti tren ini mendorong anda membeli suatu produk tanpa berpikir panjang dan seringkali produk- produk yang telah dibeli hanya digunakan satu sampai dua kali.
3. Pilah- pilah sampah produk kecantikan
Untuk menghadirkan pengelolaan limbah dari produk kecantikan dan perawatan tubuh, anda bisa memulainya dari diri anda sendiri. Memisahkan produk perawatan kecantikan dan tubuh dari sampah lainnya juga dapat membantu menyadari penggunaan sebuah produk dalam satu periode. Dengan begitu Anda bisa lebih efisien dalam hal membeli produk perawatan kulit dan kecantikan serta tentunya semakin sadar diri untuk bijak dalam melakukan belanja produk kecantikan di masa depan.